Page 1 of 4 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 33

Thread: (Info) Beberapa Teknik Untuk Mancing Gabus

  1. #1
    Pengurus Kamifc Uyong's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Kedaung Wetan - Tangerang
    Posts
    1,288
    Thanks
    520
    ; 194 in 40 Posts
    Real Name
    Fredy
    Rep Power
    13

    Thumbs up (Info) Beberapa Teknik Untuk Mancing Gabus

    1. Teknik DUDUL

    Memancing ikan Gabus dengan Teknik Dudul / Nge-Dudul ini sebenarnya telah banyak dilakukan oleh orang tua kita jaman dahulu...
    dan saya pun pernah belajar mancing ikan Gabus dengan teknik ini belajar dari orang-orang tua waktu saya masih kecil

    Mancing dengan teknik ini menggunakan Piranti Joran Tegek atau jaman dulu orangtua kita membuatnya dari sebatang Bambu yg di raut, lalu
    di ikatkan dengan seutas senar mono dan menggunakan umpan Kodok hidup ataupun mati.

    Spot yg ideal untuk mancing dengan teknik seperti ini adalah daerah persawahan ataupun daerah rawa2 yg banyak di tumbuhi tanaman air seperti :
    Eceng gondok, teratai, matalele, kapu-kapu, dll.

    Cara mancing dengan teknik ini yaitu dengan cara mendudul atau menyelupkan umpan kita ke air lalu diangkat-angkat lalu dicelupkan lagi...terus-menerus
    dilakukan dengan cara seperti ini (celup-angkat-celup- angkat) seolah-olah seperti kodok yg sedang ketakutan atau kodok yg sedang lompat-lompat.


    2. Teknik PELAMPUNGAN
    Memancing ikan Gabus dengan Teknik Pelampung ini mirip sekali dengan cara mancing ikan lainnya...
    Yaitu dengan Umpan Kodok hidup atau dengan umpan daging keong atau kerang kerang yg dikaitkan ke mata kail lalu lempar ke spot yg di inginkan,
    dan diberi Pelampung (biasanya pelampung ukuran besar) sebagai tanda ikan telah memakan umpan kita..

    3. Teknik TEGER / NEGER

    Memancing ikan Gabus dengan Teknik TEGER / NEGER ini biasanya dilakukan oleh pencari ikan yg bertujuan untuk dijual...
    Teknik ini menggunakan joran terbuat dari bambu dengan panjang biasanya 100cm / 1 meter....
    biasanya di ikatkan dengan seutas senar Nylon yg cukup tebal dengan umpan kodok hidup....

    Dan biasanya pemancing teger ini melepas pancingannya dengan jumlah banyak bisa mencapai 200 - 300 pancing teger,
    dengan cara di tancapkan di sekeliling empang / rawa dan biasanya dilakukan sore hari dan akan di angkat besok paginya...
    Ikan yg terkena pancing teger ini biasanya sudah keburu mati waktu kita mengangkat tegeran kita itu.

    4. Teknik CASTING

    Teknik Casting ini sebenarnya sudah di bahas dalam Thread Casting dan Popping namun saya hanya mengulas ulang saja

    Casting adalah teknik mancing menggunakan umpan palsu dengan cara melempar umpan ke daerah target yang kita inginkan,
    kemudian retrieve perlahan-lahan sehingga umpan yang dirancang sedemikian rupa bergerak menyerupai ikan atau umpan hidup sungguhan sehingga
    menarik ikan-ikan predator.

    Karena sifat ikan gabus yang agresif dalam memburu mangsanya,
    maka untuk memancing ikan gabus dengan cara memberi umpan yang bergerak.

    Biasanya yang digunakan untuk umpan Gabus dengan teknik Casting
    adalah : Soft Frogie, Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper, Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.

    Teknik ini cukup melelahkan karena harus melempar dan retrieve berkali-kali ,
    bahkan bisa dibilang menjemukan, sehingga dibutuhkan kesabaran dan fisik yang prima,
    apalagi sengatan matahari membuat badan cepat lelah, Tapi setelah mendapat sambaran yg membuat jantung berdebar kencang dan dengkul gemetar hehehehehe...(saya sering ngalamin ini)
    hilanglah semua rasa lelah berganti dengan rasa puas dan gembira.....


    PERALATAN CASTING

    1. Reel

    Bisa menggunakan Spinning Reel ataupun Baitcasting Reel,

    Spinning Reel umumnya menggunakan ukuran 2000 4000.
    Biasanya memiliki spool yang tidak dalam (cetek) dan juga bentuk spoolnya panjang dan lebar.

    2. Joran

    Joran yg digunakan umumnya mempunyai panjang : 180cm 210cm

    3. Umpan

    Ada dua tipe dari umpan ini yaitu ada yang diperuntukan di permukaan air dan ada juga yang memang khusus untuk kedalaman.
    Jenis umpan bermacam-macam seperti, Soft Frogie / Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper,Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.
    Ukuran yang digunakan biasanya sekitar 3cm 10cm.
    Pada umumnya warna umpan juga menjadi pertimbangan tertarik atau tidaknya ikan target.

    4. Senar

    Jenis senar yang biasa digunakan adalah senar Mono maupun dari jenis braided (PE), mulai dari PE 1 PE 3

    5. Leader Line

    Gunakan Fluorocarbon dengan ukuran 20lbs - 40lbs, panjangnya kira-kira 2 meter.

    CASTING ACTION

    Setelah semua peralatan selesai disiapkan, barulah kita mencari spot yang menurut kita memiliki potensi yang bagus untuk mancing.
    Lempar kan umpan ke arah target yang diinginkan kemudian retrieve secara perlahan-lahan hingga membuat ikan target tergoda.
    Selain jenis, warna dan ukuran lure yang mempengaruhi tergoda atau tidaknya ikan target juga tergantung dari kemahiran kita dalam memainkan umpan tersebut.
    Jika pada lemparan pertama belum mendapatkan strike, ulangi terus sampai anda mendapatkan strike ikan yang anda inginkan.

    Demikian sekiranya apa yg dapat saya sampaikan....semoga berkenan...dan apabila teman-teman ada yg ingin menambahkan saya persilahkan dengan senang hati...
    Jika ada kesalahan dalam penulisan ini saya meminta maaf sebelumnya dan saya bersedia di koreksi....

    Selamat Mencoba dengan Teknik yg anda sukai....

    Tips Casting Gabus jika menggunakan Umpan Soft frogie :

    Saat umpan disambar joran jangan langsung disentak, dibiarkan beberapa detik (3-5 detik) untuk memberi kesempatan ikan menelan umpannya.
    Saat joran disentak Gabus melompat atau memendamkan dirinya ke lumpur dan melakukan perlawanan.
    Disinilah sensasi strike ikan gabus liar yang cukup bertenaga dan gigi-gigi yang tajam menggesek-gesek tali senar yang yg biasanya mengakibatkan putus.

    Salam Strike Selalu..........
    Uyonk
    (021-5144-6688)

    Berikut ini saya lampirkan Umpan-umpan untuk Teknik Casting ikan Gabus:

    [ATTACH=CONFIG] 12656[/ATTACH]spinnerbait1.jpgspinnerbait2.jpgbuzzbaits.jpgbuzzbaits double.jpgSpoon-bait_2008_G1.jpgminnow-lures.jpgminnow1.jpgpopper.jpgfrogie.jpgfrogie1.jpgfrogie2.jpg
    Gambar Terlampir Gambar Terlampir
    Last edited by Uyong; 10th September 2012 at 16:36.

  2. The Following 11 Users Say Thank You to Uyong For This Useful Post:

    acep_13 (20th September 2012), C4del (8th September 2012), dedy212 (12th December 2013), evon212 (8th September 2012), Gratia (8th September 2012), IWAN76 (9th September 2012), Junior (25th January 2013), moezhar (8th September 2012), ozyguy (10th September 2012), rondo (9th November 2012), Uncle Syam (8th September 2012)

  3. #2
    Moderator C4del's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    Blok M, Jaksel
    Posts
    3,099
    Thanks
    582
    ; 308 in 109 Posts
    Real Name
    Nahrawi
    Rep Power
    22
    Wah mantapp neh dpt pencerahan lagi.

    Om Uyong minta tlg Pic umpannya dijelasin satu2 namanya serta cara penggunaannya.

    Thx
    Mancing maning.......Mancing maning........

  4. #3
    Pengurus Kamifc Uyong's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Kedaung Wetan - Tangerang
    Posts
    1,288
    Thanks
    520
    ; 194 in 40 Posts
    Real Name
    Fredy
    Rep Power
    13
    Quote Originally Posted by C4del View Post
    Wah mantapp neh dpt pencerahan lagi.

    Om Uyong minta tlg Pic umpannya dijelasin satu2 namanya serta cara penggunaannya.

    Thx
    Oh iya Om aku lupa hehehehehee.....ngeditnye gimane ya?

    Ntar picturenye aku kasih nama-nama dan penjelasannya dah heheheheee....

    Maaf yah Om Awi....

  5. #4
    Pengurus Kamifc Uncle Syam's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Parung Bogor
    Posts
    1,928
    Thanks
    245
    ; 569 in 103 Posts
    Real Name
    Syamsudin Ismail
    Rep Power
    23
    cuma mau bilang kalau pake teknik no 4.ohh my god deh....mantab
    mantabs om uyong...
    Kalau cuma Spot JABODETABEK, Brangkatttt.....!

  6. #5
    Pengurus Kamifc Uyong's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Kedaung Wetan - Tangerang
    Posts
    1,288
    Thanks
    520
    ; 194 in 40 Posts
    Real Name
    Fredy
    Rep Power
    13
    Quote Originally Posted by Uncle Syam View Post
    cuma mau bilang kalau pake teknik no 4.ohh my god deh....mantab
    mantabs om uyong...
    Hahahahaaaa.....
    Iyee betul-betul Uncle Syam saya sangat suka sekali....

    Bikin jantung dag-dig-dug dooorrr.....

    Wakakakaaa........

  7. #6
    Moderator C4del's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    Blok M, Jaksel
    Posts
    3,099
    Thanks
    582
    ; 308 in 109 Posts
    Real Name
    Nahrawi
    Rep Power
    22
    Quote Originally Posted by Uyong View Post
    Oh iya Om aku lupa hehehehehee.....ngeditnye gimane ya?

    Ntar picturenye aku kasih nama-nama dan penjelasannya dah heheheheee....

    Maaf yah Om Awi....
    Tinggal edite Advance aja.
    Kasih tulisan deh di bwh atau samping picnya.
    Mancing maning.......Mancing maning........

  8. #7
    Member Kamifc Dejavu's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Srengseng Jak bar
    Posts
    113
    Thanks
    6
    ; 17 in 13 Posts
    Real Name
    Anel Lani
    Rep Power
    3
    nais inpoh om, ane mah nomer 3 aje dah hehehe...

  9. #8
    Pengurus Kamifc Uncle Syam's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Parung Bogor
    Posts
    1,928
    Thanks
    245
    ; 569 in 103 Posts
    Real Name
    Syamsudin Ismail
    Rep Power
    23
    Quote Originally Posted by Dejavu View Post
    nais inpoh om, ane mah nomer 3 aje dah hehehe...
    neger ye om...
    bisa di tinggal seharian, dan kalo mau sabar nunggu bisa sambil ngudut ditemeni kupi item..heheh
    Kalau cuma Spot JABODETABEK, Brangkatttt.....!

  10. #9
    Pengurus Kamifc Gratia's Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    jelambar, jakarta
    Posts
    3,043
    Thanks
    279
    ; 213 in 77 Posts
    Real Name
    darwin wijaya
    Rep Power
    20
    wuih lengkap abis.... mantap om....
    Mancing aja kok repot........

    BoCaH^^SeLaR

  11. #10
    Moderator IWAN76's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Seputaran Kalbar
    Posts
    2,020
    Thanks
    303
    ; 405 in 87 Posts
    Real Name
    Iwan
    Rep Power
    20
    ane dah coba semuanye, cma yg no 4 aja yg lom berhasil naikkin gaby....hiks
    We are the F.A.C.T
    Fishing, Adventure & Conservation Team

Page 1 of 4 123 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Mengenal Teknik Mancing Dasar & Koncer
    By moezhar in forum Dasaran, ngotrek dan ngoncer
    Replies: 46
    Last Post: 2nd October 2013, 11:59
  2. Info - New Sub Forum Bahas mengenai mancing Ikan Gabus & Toman
    By Yanto WS in forum Mancing Ikan Gabus & Toman
    Replies: 48
    Last Post: 17th April 2013, 23:23
  3. Mancing tenggiri dgn teknik ''Ngatong''
    By edisintak in forum Dasaran, ngotrek dan ngoncer
    Replies: 30
    Last Post: 20th September 2012, 09:32
  4. (Info) Sekilas Tentang Ikan Gabus
    By Uyong in forum Mancing Ikan Gabus & Toman
    Replies: 22
    Last Post: 10th September 2012, 16:14
  5. NOODLING : teknik menangkap/ mancing ikan dengan tangan kosong
    By IWAN76 in forum Obrolan dunia mancing
    Replies: 19
    Last Post: 22nd February 2012, 23:05

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •